Service Pompa Air Yogyakarta

Service Pompa Air Yogyakarta

service pompa air yogyakata

service pompa air yogyakata

Pompa Air yang  tidak beroperasi dengan baik, kadang membuat banyak orang di bikin pusing. Keran air yang biasa mengucurkan air menjadi macet. kebutuhan dari mandi, mencuci menjadi terganggu. Bisa jadi aktivitas yang lain ikut tertunda. Service Pompa Air Yogyakarta adalah layanan service pompa air yang siap memperbaiki segala kerusakan mesin pompa air anda. Service Pompa Air Yogyakarta melayani para pelanggan yang mesin pompa airnya rusak, namun terkendala waktu untuk membawa ke tempat service.  Kami Melayani segala bentuk kerusakan pompa air dari yang ringan sampai yang berat. Service Pompa Air Yogyakarta mengutamakan kualitas dan kepuasan pelanggan, kami siap dipanggil jika Anda membutuhkan jasa kami.

Berikut adalah tips memilih pompa sebelum melakukan pengeboran sumur :

Perhatikan kedalaman sumur,

cara paling mudah untuk menentukan kedalaman sumur adalah bertanya kepada kiri kanan Anda. Seberapa dalam kedalaman pengeboran sekitar Anda. Ini cara mudah mengetahui muka air tanah dilokasi Anda. Setelah mendapatkan perkiraan silahkan lakukan pengeboran dan buktikan kedalaman muka air tanah tempat Anda. Konsultasikan dengan pihak pengeboran Anda.

Jenis pompa yang dibutuhkan,

jika permukaan muka air dibawah 9 meter, bisa digunakan jenis pompa sentrifugal ringan, pompa tersebut mampu menaikkan air dari kedalaman 9 m (suction head). Jika lebih dari itu pilih jenis pompa sumur dalam. Bisa menggunakan jenis pompa jet pump untuk kedalaman hingga maksimal 30 meter. Atau gunakan jenis pompa submersible, dengan berbagai pilihan kedalaman mulai dari sumur dangkal sampai sumur dengan kedalaman 100 m lebih.

Perhatikan Casing atau konstruksi sumur Anda,

jika sumur Anda sumur gali dengan konstruksi menggunakan bus beton, Anda bisa meilih jenis pompa manapun, tetapi jika Anda menggunakan sumur bor dengan casing peralon atau galvanis perhatikan diameter casing tersebut.Karena tidak semua pompa bisa masuk ukuran casing tersebut. Untuk pompa jet idealnya menggunakan casing ukuran 4″ untuk memasukkan jet kedalam sumur, sedangkan submersible idealnya lebih dari 4″ , walaupun ada jenis submersible dengan ukuran pompanya kecil

Bisa juga memilih jenis dan merk pompa sesuai anggaran, seperti Grundfos (Denmark), Pedrollo (Italy), Sanyo, Hitachi (Japan). Harga sebanding dengan kualitas yang dihasilkan. Tentunya dengan keawetan produk yang mencapai 10 tahun bahkan lebih umur pemakai normal. Merek medium hingga low-end dapat ditemui untuk berbagai merek Korea atau China. Banyak sekali merek yang beredar dipasar dengan kualitas plus minus, seperti, Wasser, Shimizu, Multipro, Marquis, NLG, DAB dan lain sebagainya.

Pemilihan pompa dan merk serta cara pemeliharaan yang tepat akan mempengaruhi usia pakai pompa air. Saat ini beredar pompa dengan menggunakan spul kawat biasa. Jika memilih jenis ini jelas kualitasnya akan berbeda bila memilih spul pompa kawat tembaga. Posisi pompa air juga harus diperhatikan, hindari tempat yang lembab atau terkena air, terkecuali pompa celup. Percayakan service pompa air pada ahlinya

Dalam melakukan perawatan / service pompa air, berikut hal – hal yang perlu diperhatikan :

  • Jangan membebani listrik dengan menempatkan steker terlalu banyak pada stop kontak pompa. Karena hal ini akan menyebabkan panas dan timbul kebakaran.
  • Hindari pengoperasian dalam kondisi kering atau tanpa air.  Pengoperasian dalam kondisi tersebut akan memperpendek umur pompa.  Sekaligus merusak seal selanjutnya motor akan terbakar jika dinyalakan cukup lama.
  • Jangan membungkus pompa karena dapat menyebabkan kebakaran. Lindungi pompa dari sinar matahari langsung atau air hujan, karena akan memperpendek usia pompa dan juga kejutan listrik.
  • Hati-hati jangan sampai pompa terendam air, kecuali pompa air jenis rendaman / pompa celup.
  • Hindari pemakaian perlengkapan pompa (kabel, pipa, dll), dengan kualitas yang kurang baik. Karena hal ini akan menyebabkan rawan gangguan pada kinerja pompa air. Pada sumur yang mudah terhisap kotoran terutama pasir diperlukan saringan pasir.

Tujuan dilakukannya perawatan / service pompa air :

    1. Memperpanjang usia pompa
    2. Selalu siap bila diperlukan sesuai rencana.
    3. Tidak rusak selama digunakan.
    4. Dapat bekerja efisien sesuai dengan kapasitas yang diinginkan.
    5. Menjamin keselamatan orang yang menggunakan.
    6. menghemat waktu,biaya dan material karena terhindar dari kerusakan besar.
Keuntungan Perawatan / Service  Pompa, air ada beberapa keuntungan dari kegiatan service /perawatan yang baik, diantaranya adalah :
    • Berkurangnya kemungkinan perbaikan darurat.
    • Memberikan informasi kapan peralatan perlu diganti.
    • Mencegah kerusakan kecil menjadi kerusakan besar.
    • Anggaran perawatan dapat di kendalikan.
Beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan perawatan / service pompa air diantaranya :
    1. Kemampuan personil merawat pompa air, bukan sekedar memperbaiki mesin
    2. Adanya data-data teknis tentang pompa air / informasi yang jelas.
    3. adanya standart pekerjaan.
    4. kemampuan personil membuat jadwal perawatan.
    5. Ketelitian kerja karyawan.
    6. Alat-alat yang dibutuhkan tersedia.

Dalam pelaksanaan kegiatan perawatan, ada beberapa aspek penting yang harus diperhatikan yaitu membersihkan. Kegiatan perawatan yang paling mendasar adalah membersihkan peralatan dari debu maupun kotoran-kotoran lain yang dianggap tidak perlu. Debu dan kotoran tersebut akan menjadi inti bermulanya kondensasi dari uap air yang berada di udara. Butir air yang terjadi pada debu tersebut lambat laun akan merusak permukaan pompa air. Seiring berjalannya waktu tidak hanya merusak permukaan, namun juga dapat merusak pompa air secara keseluruhan.

Berikut tips yang perlu diperhatikan sebelum memasang pompa air :

  • Bila tegangan listrik kurang stabil, pergunakan stabilizer tegangan listrik untuk menghidupkan pompa.
  • Penempatan pompa harus terlindung dari panas, hujan dan genangan air, dan memiliki sirkulasi udara yang cukup.
  • Tempatkan di tempat yang mudah untuk diperiksa jika ada masalah. Dudukan pompa harus kuat untuk mencegah kemiringan setelah beberapa tahun dipakai.
  • Kurangi jumlah tikungan dalam sambungan pipa untuk mencegah kebocoran dalam instalasi pipa. Sekaligus meminimalkan hambatan tenaga.
  • Pengaturan pompa otomatis yang dipasang untuk menyalurkan air ke water torn dengan sumber air dari sumur atau ground tank.  Jarak vertikalnya jangan melebihi tekanan pressure switch (pressure switch on/off = 1.1 ~ 1.8 kgf/cm2, artinya pressure switch on adalah 1.1 kgf/cm2 atau setara dengan 11 meter). Jarak vertikal antara pompa dan water torn tidak boleh lebih dari 11 meter. Hal ini bisa diatur pegasnya. Sebaiknya jika anda menggunakan water torn sebaiknya pressure switch tersebut tidak usah difungsikan.
  • Tidak boleh ada kebocoran pada instalasi pipa, baik pipa hisap maupun pipa distribusi (dorong). Karena itu pemasangan, penyambungan, dan pengeleman pipa harus dilakukan secara seksama dan benar. Terutama untuk pipa hisap, akibatnya debit air bercampur udara.
  • Pipa hisap harus dipasang horizontal/miring mendaki menuju ke pompa untuk mencegah udara terperangkap.
  • Sebaiknya memasang kawat arde ke dalam tanah untuk menghindari kecelakaan akibat kejutan listrik.

Ahli Pompa Air Yogyakarta
Jasa service pasang dan jual beli pompa air segala merk bergaransi!
Telp. 085100444877

SUMUR BOR YOGYAKARTA

 

Leave a Reply